Selamat datang!! Silakan Anda mengutip semua artikel yang ada di kami tapi Anda harus menyertakan saya sebagai penulisnya

Jumat, 10 Maret 2017

TAKDIB v TARZAQ


Kamis (22/12/2016), Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa DPRD Jombang, H Mas’ud Zuremi cerita laporan kiai. Kiai ini punya santriwati yang mulai MI, MTs, MA selalu berjilbab. Suatu ketika kiai ini mengantar istri belanja di super market di Jombang.

’’Dia melihat karyawati tak berjilbab yang mirip santrinya,’’ tuturnya. Melihat kiainya, karyawati ini singitan (sembunyi). Sama kiainya dicari hingga ketemu. Setelah ketemu ditanya, apakah disini dilarang berjilbab?    ’’Santri tersebut menjawab iya.’’

Takdib alias pengajaran dan pembiasaan berjilbab selama 12 tahun tergerus hanya demi kerja dengan  gaji Rp 500 ribu per bulan.

Saat ngaji rutinan Senin (21/11/2016), Pengasuh PP Al-Muhibbin Bahrul Ulum Tambakberas, KH Djamaludin Ahmad menganjurkan jamaah untuk kerja. ’’Kerja apa saja yang penting halal dan bisa tetap ibadah,’’ tuturnya. Iso tetep berjilbab.  Wayahe shalat bisa tetap shalat.

’’Awal menikah kulo niki masih santri. Pernah nyambut gawe nopo mawon. Jualan kayu juga pernah. Saya pernah tanya orang yang bekerja macam-macam. Penjual sayur, penjual nasi, penjual ikan, tukang cukur, tukang jahit, semua saya tanya rata-rata penghasilannya satu bulan sama dengan teman saya yang PNS,’’ jelasnya.

’’Sampean nyambut gawe ora halal, ora iso ibadah, buat apa!’’ ujarnya.

Saya sendiri pernah bertanya kepada penjual es tebu. Dalam sehari, dia bisa dapat penghasilan bersih Rp 50 ribu.

Jumat (23/12/2016), Ketua LDNU Jombang, KH Cholili menjelaskan makna QS Adzariyat 56. Wama kholaqtul jinna wal insa illa liya’budun. Manusia dan jin diciptakan tidak lain hanya untuk ibadah. ’’Ibadah ini tidak ada batasan waktu. Jadi orang Islam itu ibadahnya 24 jam sehari,’’ tuturnya.

Tidurnya ibadah.  Kelonnya ibadah.  Mandinya ibadah. Kerjanya ibadah. Berjilbab, itu juga ibadah. ’’Melarang berjilbab, itu sama dengan melarang shalat. Sama dengan melarang puasa. Sama dengan melarang haji,’’ tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar