Selamat datang!! Silakan Anda mengutip semua artikel yang ada di kami tapi Anda harus menyertakan saya sebagai penulisnya

Jumat, 10 Maret 2017

Sedekah Bikin Khusnul Khotimah


Saat ngaji dihadapan ibu-ibu Bhayangkari di Polres Jombang, Jumat (3/2/2017), Pengasuh Pesantren Al Amanah Bahrul Ulum Tambakberas, KH Abdul Kholiq Hasan menjelaskan tips mati baik alias khusnul khotimah. ’’Dimanapun kita berada pasti mati, walaupun dalam benteng yang paling kokoh sekalipun,’’ ucapnya kala menjelaskan QS Annisa 78-79. ’’Sedekah, bisa membuat kita khusnul khotimah,’’ tuturnya.

Beliau lantas menceritakan Abdullah Bin Mubarak. Saat sedang tawaf di Kakbah, Abdullah sempat tiga kali mimpi ketemu Rosulullah yang titip salam pada Bahrom Almajusi, seorang penyembah api.

Pulang haji, Abdullah lalu mencari Bahrom. Abdullah bertanya kebaikan Bahrom. Diluar dugaan, Bahrom justru cerita kejelekan-kejelekannya. Dia meminjamkan uang dengan sistem riba. Dia punya anak empat pria dan empat wanita, semuanya dinikahkan dengan saudaranya sendiri. Satu lagi putrinya yang paling cantik bahkan dinikahi sendiri. Siantara semua dosa itu, dia hanya punya satu kebaikan. Suatu malam ada perempuan muslimah berdiri mencurigakan di depan rumahnya. Bahrom lantas membuntuti perempuan itu. Ternyata perempuan itu ditunggu anaknya yang menangis kelaparan. Si perempuan malu minta makan kepada Bahrom yang non muslim. Mendengar itu, Bahrom lalu pulang mengambil makanan yang enak diberikan kepada keluarga tersebut.

Abdullah lalu berkata, itulah kebaikan yang membuat Rosulullah menyampaikan salam kepadamu. Mendengar itu, Bahrom merasa gembira dan masuk Islam. Setelah mengucap syahadat, dia wafat.

Sedekah, kata Gus Kholiq, bisa menghindarkan musibah. Juga bisa mengubah takdir jelek menjadi baik. Hal-hal buruk yang mestinya menimpa, diganti oleh Allah dengan yang baik. Sebagaimana disebutkan dalam QS Ar Ra’d 39 dan QS Hud 11.

’’Walaupun demikian, kita tak boleh sombong dengan amal kita,’’ ucapnya. Sebab ada orang yang seakan-akan bakal masuk surga, tapi diakhir hayat berbuat dosa dan suul khotimah sehingga masuk neraka. ’’Orang yang banyak dosa juga tak boleh putus asa. Sebab pintu taubat selalu terbuka seperti Bahrom diatas,’’ bebernya.  ’’Kullun muyassarun lima khuliqo lah. Calon ahli surga, selalu dimudahkan berbuat baik. Calon ahli neraka, selalu dimudahkan berbuat buruk,’’ pungkasnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar